Selasa, 07 Januari 2020

Mencari Ilmu yang Ingin Didalami : Jurnal 3 Bunda Cekatan

Assalammualaikum Mommies, 


Masya Allah sudah lama sekali saya tidak mengisi lembaran blog ini. Terlalu lama hingga saya lupa bagaimana caranya menulis heheheh. Insya Allah ke depannya blog ini akan hidup lagi. Tidak lain karena sekarang saya sudah memasuki kelas pembelajaran Institut Ibu Profesional tahap ke 3, setelah Matrikulasi dan Bunda Sayang. Yeaaaayyyy, saya sekarang sudah masuk tahap Bunda Cekatan. Masya Allah Tabarakallah. 

Yang berbeda dari tahap sebelumnya adalah kali ini bunda diasah bagaimana sih jadi bunda yang cekatan, menggali sisi ketrampilan diri. Di Bunda Cekatan ini ada beberapa tahap selama 6bulan pembelajaran. Tahap pertama adalah telur-telur. Minggu ini kami sudah memasuki jurnal ke 3.

Jurnal I kami diminta untuk melacak kekuatan diri. Memetakan 4 isian kuadran suka dan bisa. Seperti suka-bisa, suka-tidak bisa, tidak suka-bisa, tidak suka-tidak bisa. Sebenarnya mengiis kuadran ini seperti saat matrikulasi dan pendalaman materi Ruang Berkarya Ibu 2 yll. Selain itu kami diminta memasukkan ke telur-telur hijau apa saya kekuatan diri dalam kuadran suka-bisa. Seperti di bawah ini :


Jurnal II melanjutkan telur hijau selanjutnya, yaitu mencari ketrampilan apa yang ingin dikuasai dari telur hijau tersebut yang dituliskan di telur merah kita. Sebelumnya memetakan dahulu kuadran penting dan mendesaknya. Bisa dilihat sebagai berikut :


Belajar konsisten menggali yang sesuai kemampuan dan passion saya sebenarnya. Penambahan ketrampilan seperti Public Speaking dan Analisis Risiko karena sering banget dalam posisi harus mengerti dua hal ini. Sayang nya belum belajar dengan masterpiece yang benar.

Baiklah, lanjut ke jurnal 3 di minggu ini. Kami diminta melanjutkan kekuatan diri dengan mencari apa ilmu yang ingin didalami selama Bunda Cekatan. Kalau membicarakan ilmu, berdasarkan telur merah, saya merasa harus seperti ini :


Ilmu yang ingin dipelajari dalam beberapa tahun kedepan

Namun untuk Bunda Cekatan kali ini, saya melihat urgensi yang bisa saya aktualisasikan. Saya ambil 3 telur orange di atas, seperti Public Speaking, Manajemen Finansial, dan Pijat Laktasi. Kenapa 3 hal tersebut? Karena mempertimbngkan biaya juga. Ilmu yang dipelajari tentu harus dari orang yang tepat bukan. Mengikuti pelatihan dari sumber nya langsung. Untuk Public Speaking dan Manajemen Finansial banyak alternatif online yang bisa saya lakukan, sedangkan Pijat Laktasi harus mengikuti pelatihan dari masternya. Saya punya wishlist pelatihan dari Arugan, Filipina. Organisasi sertifikasi Pijat Laktasi ternama di kalangan konselor laktasi.

Ilmu yang ingin didalami selama di BunCek

Lalu kami diminta mengisi beberapa pertanyaan sebagai berikut :


Begitulah mommies apa yang ingin saya pelajari. Semoga dapat teralisasikan ya.
Aamiin

07-01-2020
Harnum Annisa

0 comments:

Posting Komentar

Hai.... Terima kasih sudah membaca tulisan saya