Rabu, 25 Juli 2018

Catering Sekolah? Kenapa Tidak!

Menu Catering Sekolah

Sejak Paud sekolah kakak key sudah menerapkan sistem wajib catering sekolah, hingga sekarang di SDITnya. Awal2nya mama sedih karena tidak bisa berkreasi macam emak lainnya bikin bento πŸ˜‚. Serasa tidak diberi kesempatan menyiapkan bekal untuk anak.

Tapi tahukah moms, ternyata catering sekolah itu banyak manfaatnya dan keuntungannya untuk mommies dan juga kidos. Hayo apa aja ya? Kita bahas yuk!


🐣 Menu yang sama dengan Teman
Suatu saat kakak pulang sekolah membujuk mama untuk beli suatu snack yang dibawa temannya. Padahal snack tersebut masuk snack yang dijauhi kakak. Pernah mengalami hal tersebut? Dengan menu yang sama saat snacktime atau lunch, anak akan lebih fokus untuk makan ketimbang melihat-lihat menu temannya.

🐣 Anak Mengenal Lebih Banyak Menu
Bisa dilihat di gambar di atas. Betapa menu yang diberikan bervariasi bahkan menu yang tak pernah mama sediakan di rumah. Kebayang kalau mama yang menyediakan bekal, menu nya itu lagi, itu lagi πŸ˜‚ Kakak juga jadi request lho menu yang pernah dimakan di sekolah untuk dibuatkan di rumah. Seperti pepes tahu, sayur labu, combro, timus, dan makanan lainnya.

🐣 Mengajarkan untuk Tidak Memilih-milih Makanan
Buat saya makan itu ada proses dimana orang tua memberi kesempatan anak untuk mengenal lalu menyukai apa yang disediakan untuk makan. Bahkan saya menyesal mengapa mulai menanyakan "Mau makan apa hari ini?" kepada kakak yang saat itu berusia 3 tahun. Karena mulai sejak itu dia selalu memilih makannya. Harus disediakan apa yang dia mau. Padahal tentu akan lebih baik jika anak makan apa yang sudah orang tua sediakan.
Dengan catering sekolah anak akan dihadapkan dengan menu yang saat itu harus dia makan. Pilihannya adalah tidak makan atau mencoba makan bersama. Guru tentu akan membantu anak untuk mengenalkan makanan yang sudah ada. Melihat temannya makan, anak juga akan lebih bersemangat makan.

🐣 Dari Belum Suka menjadi Suka
Beberapa sekolah yang menerapkan makanan catering bertujuan untuk menjadikan anak yang tidak suka dengan makanan tersebut menjadi suka. Banyak anak yang tidak dibiasakan mengenal sayur dan buah di rumah, akhirnya mengenal dan suka. Begitupun dengan bahan makanan lainnya.
Pijakan yang dibuat di rumah akan lebih membantu waktu makan anak di sekolah. Biasanya para guru akan menanyakan anak alergi apa dan tidak suka makanan apa. Memberi kesempatan anak untuk mencoba makanan yang belum disukainya adalah cara yang tepat daripada selalu menghindarkannya.

🐣 Tidak Perlu Bingung Memilih Menu Bekal
Buat mommies yang suka masak membuat bekal sekolah adalah suatu hal yang menyenangkan. Termasuk saya! Ada kebahagiaan tersendiri saat anak menyukai bekal yang kita sediakan. Tapi kembali lagi saat sekolah mewajibkan catering, mama tidak perlu bingung harus membawakan bekal apa untuk kakak. Waktu memasak bekal bisa digantikan dengan membuatkan sarapan sehat untuk anak.


Setiap keluarga punya rules masing-masing. Begitupun dengan tiap sekolah. Saat harus menghadapi aturan sekolah yang mewajibkan catering, mommies bisa bernafas lega karena tentu banyak manfaatnya. Tinggal kita yang meyakinkan diri bahwa anak-anak juga akan berproses di sekolah, termasuk berproses mengenal makanan sehat yang beragam.


@harnumnisa
24 Juli 2018
Dari balik tirai ruang tunggu klinik drg


36 komentar:

  1. Iya aku juga merasakan itu, anak sekolah bawa bekal itu bagiku menyenangkan heheeπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak,,, lumayan mengurangi waktu emak bikin bekel ehheheh

      Hapus
  2. iya bener juga mbak...dengan catering anak-anak dibiasakan untuk mengenal semua jenis masakan dan diharapkan nantinya mereka tidak akan pilih-pilih makanan. Kalo kita yg masak kecenderungannya memasak hanya makanan yg disukai anak saja yah dgn alasan biar makanannya habis dimakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget mbak,,, pasti bikinnya requestan anak yg itu lagi, itu lagi

      Hapus
  3. Sekolah zaman sekarang enak ya udah ada cateringnya, jadi anak muridnya nggak jajan sembarangan.

    BalasHapus
  4. Kak ini bener banget, aku sempat skeptis dengan menu catering. Padahal dengan menu yang sama , anak anak jadi lebih belajar menghargai dan biasanya lahap makannya karena bareng sama temennya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mbak,,, jd terbiasa makan apa yang disediakan

      Hapus
  5. Kalau anak-anak saya selalu saya bawain bekal. Tetapi, mereka memang bukan anak yang milih-milih urusan makanan. Jaid paling sayanya yang suka pusing mikirin bekal. Kalau udah gak ada ide, tinggal nyontek menu catering sekolah. Jadi mereka bisa bawa bekal yang sama meskipun bundanya yang masak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. qiqiqi iya bisa nyontek menu catering ya mbak ehehhehe

      Hapus
  6. waiyaa bagus banget ini mbak idenya..setuju soalnya kadang orang tua juga takut kalo anak jajan sembarangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, di sekolah anak sayaa justru tidak ada kantin

      Hapus
  7. Di sekolah anakku ada rabu sehat jadi giliran ortu bawain makan untuk seluruh anak,lumayan buat emaknya ngaso dr kebingungan menu bekal sekolah, ahahahah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah seru tuh bikin makanan buat anak2 sekolah ya mbak,,,,

      Hapus
  8. Boleh juga bikin jadwal bekal anak supaya tidak bosen itu-itu melulu menunya. Dan anak juga happy makan bekalnya.

    BalasHapus
  9. Sekolah anakku juga gitu. Dan tanpa babibu aku langsung pilih katering. Enggaj ribet sih, begitu dia pulang tinggal ganti baju dan isturahat karena posisinya kenyang

    BalasHapus
  10. Eh.. bener juga ya. Mengajarkan anak tidak memilih2 makanan. Dan belajar utk suka atau makan apapun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kebanyakan teman anak saya jd menyukai apa yang biasanya tidak disukai

      Hapus
  11. Hmm iya juga sih ya dengan makan catering di sekolah anak jadi belajar tidak pilih-pilih makanan. Anakku sebentar lagi mau kupindah ke penitipan yang sudah disediakan makan siangnya. Semoga aja nanti dia cocok sama menunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,,,, semangat mbak,,,
      Insya Allah anak akan berproses juga disana dalam mengenal makanan

      Hapus
  12. Jangankan untuk sekolah, mbak, buat di kantor aja kalau ada katering nya itu enak banget. Kita nggak perlu pusing turun dan keluar kantor cari maksi #curcol 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah enak mbak,,, aku di kantor tiap maksi suka bingung makan apa qiqiiqiq

      Hapus
  13. Makanan yang dari belum suka menjadi suka. Apalagi makannya bareng teman-temannya. Iya Bun, sepakat. Saya lihat itu di ponakan saya. Sejak sekolah full day dan makan including at school, dia jadi lebih nyenengin buat urusan makan.

    BalasHapus
  14. Anakku jg pake katering sekolah karena suka iri lihat teman2nya makan katering.

    BalasHapus
  15. Yeaaay, asik banget ada menu catering buat anak sekolah. Bisa jadi ide bisnis juga ini mba, di PAUD deket rumah belum ada konsep ini soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun mbak,,, kamu keren banget bs kepikiran ke bisnis hehehehe bisa tuh mbak dicoba

      Hapus
  16. aku dulu juga begitu moms. diajarkan bawa bekal. kalo pun skrg catering tujuan nya sama yaaa. makin seneng lah ya kita dg perkembangan skrg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, jd ada tujuan kenapa diwajibkan catering

      Hapus
  17. Pelan-pelan ya mengenalkan makanan sehat untuk anak. Begitupun aku.

    BalasHapus
  18. Inisiatifnya keren banget mbak cathering sekolah. Apalagi anak2 kan suka minderan kl makanannya gak sama seperti temannya, dengan cathering sekolah dia pasti PeDe dong karena bekelnya samaan dgn teman2 nya

    BalasHapus

Hai.... Terima kasih sudah membaca tulisan saya