Sabtu, 17 November 2018

Pakai Menstrual Cup? Siapa Takut!




Kekepo-an emak dimulai saat pembahasan di grup Jabodetabek Menggendong. Para senior pengguna menscup memberi testimoni asyiknya menggunakan menstrual cup yang biasa disingkat menscup. Saat mendengarnya antara ngeri tapi takjub. 

Harapan "bye bye iritasi" setelah menstruasi tampak nya di depan mata. Hayo ngaku siapa yg begitu ? 😂 Merasa tak nyaman menggunakan pembalut, ini juga yang membuat saya memilih menscup daripada menspad. Karena buat saya tak ada bedanya menspad dan pembalut.

Setelah pembahasan panjang di grup akhirnya teman-teman membuat list arisan. Biasa emak-emak wkkwkwkw apa-apa diarisanin, ikut deh emak bangsa demi harapan indah tadi. Di grup arisan ini baru tahu bagaimana memilih menscup. Iyes cocok-cocokan buk, kayak kita milih gendongan gitu. Merk menscup ini buanyaaaaakkk bentuknya dan warnanya juga. Lucu-lucu deh qiiqiq pengen punya yang warna-warni.

Sebelum menggunakan menscup ini ada tahapannya. Biar pas, nyaman, dan tentram saat menggunakan. Apa aja sih tahapannya? Mari kita bahas ya mak satu persatu :

1. Cek Tinggi Cervix
Bisa buka youtube "how to measure cervix". Tujuan agar kita bisa tahu tinggi atau rendah cervix. Agar bisa memilih menscup yang sesuai. Bisa juga isi kuis dari https://putacupinit.com. Nantinya direkomendasikan mana merk-merk yang sesuai sama kebutuhan kita. 

2. Pilih Size 
Menscup ini ada ukurannya dan tiap merk berbeda. Ada yang A dan B, beberapa merk ada yang S dan L. Untuk merk organicup yang saya gunakan ini ada 2 size A dan B. Perbedaannya adalah size A untuk yang belum pernah melahirkan pervaginam dan size B untuk wanita yang sudah pernah melahirkan pervaginam. 

3. Berburu Merk
Membandingkan ukuran dan harga menscup bisa dengan membuka situs putacupinit. Cari merk yang emang terbukti kualitasnya. Mengerikan saat kita buka marketplace lalu mencari dengan keyword "menstrual cup". Beberapa produk keluar dengan harga fantastic murah. 

Cup & Stem Menscup

Untuk pemakaian pertama menscup harus di steril dl. Di rebus di air mendidih 3 menit. Bisa dicuci menggunakan sabun yang water based, seperti babymax. Cara pemasangan bisa liat postingan sebelumnya atau cek di youtube. Tiap emak nih punya cara nyaman sendiri bagaimana "insert" nya. Begitupun posisi mengeluarkannya. Memposisikan cup pun berbeda-beda saat akan dimasukkan. 

Selama ini yang kita tahu darah mens itu amis, anyir, dan benar tak sedap. Setelah menggunakan menscup kita jadi tahu semua itu salah lho. Makin cintak gak pake menscup ini. 

Untuk organicup sendiri ternyata bukan merk yang pas buat saya. Masih terasa belum nyaman saat dipakai. Perlu diameter yang lebih besar 😂. Maklum yes emak udah 3 kali lahiran 🙊.

Jadi saya akan berburu menscup lainnya. Terus gimana nasib Organicupnya? Masih dipakai kok. Apalagi stem sudah dipotong tinggal 1 garis. Besok mau digundulin aja jadi makin nyaman digunakan. 

Bagaimana? Tertarik menggunakan menscup? Yuk ikut #zerowaste dengan penggunaan menscup.



0 comments:

Posting Komentar

Hai.... Terima kasih sudah membaca tulisan saya