Kamis, 20 Maret 2014

Persiapan MPASI, WHO atau FC????

Beberapa waktu yg lalu dapet email dr pembaca blog Mama Key, yang menanyakan tentang MPASI.
Masalah metode MPASI bisa dibaca disini : WHO dan FC
Tapi kalau ditanya pilih mana, itu mungkin tergantung pilihan ibu masing2.
Kali ini Mama Key cerita tentang pilihannya mama key :D


Metode WHO, ini karena direkomendasikan oleh WHO melihat banyaknya anak yang kekurangan nutrisi. Menurut saya metode ini sangat fleksibel karena semua dikondisikan sesuai isi kulkas dan menggunakan bahan lokal yang sangat beraneka ragam. Enaknya metode ini dari 6m baby kita udah boleh makan apapun bahan makananan, kecuali gulgar ya tetep. Trus gak ada tuh aturan makan 3 hari alias 1 bahan makanan buat 3 hari. Bisa dibayangkan tuh bocah kebosenan kalo menunya sama semua.  Ini yang bikin mama key pake aturan WHO buat MPASI key, apalagi ini direkomendasiin juga sama AIMI. Yup, makin yakin pake aturan ini.


Dulu mama key milih jadwal makan kalo pagi pure buah, siang dan sore bubur(karbo/protein/sayur). Kenapa pagi justru buah? Karena buah bisa menjadi detoks yang efektif bagi tubuh dan nutrisi yang terkandung dalam buah dapat terserap dengan maksimal. Mengkonsumsi buah di pagi hari baik untuk pencernaan dan selain itu buah dapat meningkatkan kadar gula dalam darah secara berlahan sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Buah yang diberikan macem2, ada pepaya, pisang, alpukat, mangga yang manis, semangka, buah naga, dll... Ya kalau bisa gak kecut banget  lah buahnya. Untuk buah yang dikukus dulu itu apel sama pir buat anak 6-8m. Mama Key gak suka pake blender, jadi semua buah diuleg pake saringan kawat gitu.... Buah juga harus habis ya buibu,,,, Beda pure sama jus adalah penambahan air, kalo pure tanpa air. Key makan pure buah sampe 9bulan selanjutnya buah biasa yang dipotong2 dan dijadikan cemilan.


Sekarang bubur. Ini dia kerjaan mengasyikkan mama key sebelum berangkat kerja. Mama Key ini MPASI nya anti makanan pabrik, kayak farley, milna, dll... Lah abisnya bikin bubur sendiri gampang bingiiittttts. Kalau bisa bikin sendiri ngapain beli, toh bisa sesuai sm isi kulkas. Bubur bisa dari beras, kentang, mie, singkong, atau karbo lainnya.

Beras yang dipilih untuk MPASI juga beraneka ragam, pakai beras putih biasa, merah, sama coklat. Pernah beli yang item tp gak kepake xixixiix warnanya item banget sih :D Untuk beras merah, coklat, item sebelumnya di rendem dan cuci bersih ya,,, biar kalo masak gak terlalu lama. Kalau mama key dl sukanya ngerendem semalam, agak banyak buat bbrp kali makan taro kulkas, kalo mau pake tinggal ambil. Masak beras ini gampang banget. Kalo mama key gak usah digiling dulu jadi tepung. Penggunaan tepung terus menerus gak bagus buat kesehatan. Meningkatkan kadar glisemik pada tubuk. So, masak buburnya ya dari beras langsung. Dari 2 sendok makan beras itu ditambah 1 gelas air, kalau kurang ya ditambah lagi lah sampai tekstur buburnya bagus :p Pakai ilmu kira2 lah. Biasanya sih stgh jam masaknya.


Kalau bahan karbo lain kayak kentang, singkong, ubi, dan umbi2an lainnya masaknya dikukus haluskan pake saringan kawat juga, tetp gak suka ngeblend. Nah kalo kayak mie, bihun, atau pasta2an lainnya di rebus baru dihaluskan. Kenapa sih Mama Key gak suka ngeblend? Panas kalor yang dihasilkan mesin blender bikin nutrisi pada makanan hilang. Kalo mau pake blender, semenit di blend didiamkan semenit, lalu blend lagi semenit, diamkan lagi semenit, begitu hingga halus.


Kalau buat ibu kerja kayak mama Key jam 5 dah bikin bubur. Masak sambil ditinggal nyuapin Key makan buah. Bikin bubur trus diuleg di saringan kawat ini mulai 6m sampai 8m, 8m-10m udah bubur kasar tanpa diuleg. 10m-12m nasi lembek. Alus atau kasarnya bubur tergantung kemampuan anak. kebetulan Key giginya dah banyak. Tapi yang pasti jangan terlalu lama memberi MPASI anak dengan bubur alus. Walau gigi anak belum tumbuh, karena rahang anak tidak terangsang untuk menguyah, bisa bikin gigi anak justru lamabt tumbuh atau parahnya kemampuan anak berbicara terlambat. Beberapa temen ada yang mengalami anaknya jadi kesulitan makan nasi, bahakan makan bubur hingga 2 taun. Jadi liat kemampuan anak anda masing2 tapi tidak berarti keasikan makan bubur yaaa ^_^


Karena buah untuk sarapan, sementara bubur sudah dibuat pagi, jadi bubur ini disimpan dulu diwadah. Bisa juga pake cube yang dijual di toko2 baby online maupun offline. Misal 2 kali makan, ya disimpan di 2 cube. DItaro kulkas bawah. Jika mendekati waktu makan lalu dikeluarkan, dihangatkannya sama seperti menghangatkan asip. Direndem air panas. Baru diberikan ke bayi. Mama Key gak pernah bikin froozen MPASI. Tiap hari masak soalnya. 


Untuk jadwal makan

Baby awal 6m (2minggu pertama MPASI) 2 kali makan : pure+ bubur, banyakanya 2-3 sendok makan dewasa
Baby 6m-9m 3 kali makan : 1x pure + 2x bubur + 1x cemilan, banyak sekitar 250ml
Baby 9m-12m 3 kali makan : 1x pure + 2x bubur + 2x cemilan, banyaknya ditingkatkan lagi

Nikmati deh membuat MPASI anak, kretifitas ibu biasanya keluar xiixixixix :D 

Memvariasikan bahan makanan ke makanan anak kjuga perlu, bisa disesuaikan isi kulkas kita deh
Selamat berMPASI ria buibu

1 komentar:

  1. Berarti untuk buburnya itu, bubur saring y mb?
    No blend ya,,,kli ngeblendya kaya cara yg mb bilang itu bs lama selesainya,,,

    Untuk menghangatkannya d atas air mendidih ato cukup air panas aja?
    Soale ga pernah pake asip jg aknya,

    BalasHapus

Hai.... Terima kasih sudah membaca tulisan saya