Kamis, 30 November 2017

Melatih Kemandirian Anak , Level 2 Bunsay : day 1



Setelah kemarin selesai belajar tentang Komunikasi Produktif, sekarang sudah memasuki pembelajaran baru yaitu Melatih Kemandirian Anak. Pada level 2 Bunsay ini kamu diberikan tantangan 10 hari meningkatkan kemandirian anak. Saya list terlebih dahulu kemampuan kemandirian apa saja yang ingin saya latih ke kakak Key.

List Kemampuan Kemandirian

Kenapa keempat kemampuan di atas yang ingin di latih? Sebenarnya kakak Key sudah cukup mandiri, namun setelah punya adik bayi, terkadang sifat kalemannya keluar kembali. Lihat adik disuapin, si kakak ingin disuapin juga. Lihat adik dimandiin, si kakak ingin dimandikan pula.


  • Mencuci piring : saya ingin latih, agar terbiasa setelah makan mencuci piringnya sendiri. 
  • Mengambil minum : masih gemar menyuruh bibik atau saya mengambilkan minum dengan berbagai alasan
  • Membaca : kakak Key sudah mendekati waktu masuk SD, saat membaca buku sangat ingin sekali bisa membaca sendiri, namun terkendala belum bisa membaca, ini pelan-pelan2 di latih dengan metode bermain 
  • Mandi : seperti alasan di atas, sejak punya adik bayi, suka meminta dimandikan mama
Pada hari pertama, kami sudah mempraktekkan mencuci piring. Sebelumnya saya ajak kakak komrod. 

M : Kak, bagaimana setiap habis makan kita mencuci piring 
K : Aku? boleh cuci piring?
M : Iya kakak mencuci piring kakak sendiri
K : Yeayyy, aku mau

Sebenarnya si kakak gemar membantu mama, namun saat di rumah dengan bibik dia lebih terbatasi karena bibik biasanya melarang membantu anak kesayangannya itu ehhehehe... Nah agar mama dan bibik se-visi jadi mama meminta bibik agar mempersilahkan kakak untuk mencuci piring.

Kakak mencuci piringnya sendiri

Semoga tantangan ini terus berlanjut hingga kakak terbiasa. Pelan tapi Pasti!
Membersamai anak belajar tentang kehidupan, Semangat kakak 💗

#day1
#tantangan10hari
#level2
#kuliahbunsayIIP
#MelatihKemandirian

0 comments:

Posting Komentar

Hai.... Terima kasih sudah membaca tulisan saya