Jumat, 10 Agustus 2018

2018 Lebih Glowing? Yuk Ikuti 10 Langkah Skincare Korea Ini!



Wajah yang cerah dan bersih tanpa jerawat tentu jadi idaman semua wanita, termasuk mommies kan? Tapi suka kebayang malesnya gak sih. Boro-boro skincare-an, cuci muka mau tidur aja suka kelupaan karena ketiduran nenenin bayik. Bisa mandi dan keramas dengan khidmad aja bisa jadi kebahagiaan tersendiri buat para mommy.

Tapi godaan skincare ala korea yang ngehits ini benar-benar kencang di kuping mama. Apalagi teman-teman kantor bahasannya skincare lagi, skincare lagi. Belum ketambahan di berbagai WAG dan timeline FB beuuuuhhhh bikin penasaran banget. Penasaran apa aja sih bikin hits skincare ala korea ini. Bagaimana sih emangnya efek kalau pake skincare korea.

Baeklah jadi mama searching tentang skincare korea sejak April. Begitu searching banyak banget yang udah bahas. Jadi yang bikin heboh ini adalah 10 Langkah Skincare Routine, baik untuk pagi maupun malam. Apa saja sih 10 Langkah tersebut, mari kita bahas pelan-pelan satu persatu,yes! Contoh produk yang mama gunakan disini yang sesuai dengan jenis kulit mama kering tapi sensitive gampang berjerawat.

1. CLEANSER

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan kotoran-kotoran di wajah setelah seharian kita beraktivitas dan menggunakan make up. Variasi nya bisa Cleansing oil, Cleansing wipes, atau Cleansing Cream. Kalau mommies punya kulit wajah kering bisa menggunakan cleansing oil karena bikin kulit mommies jadi lembab gitu. 

Untuk cleanser dulu mama seringnya pake merk viva qiqiiiq siapa sih yang gak tau merk ini. Gampang dicari yes, di drugstore pasti ada  plus harganya pun terjangkau. Sekarang mama punya 2 merk cleanser ada laneige cleansing oil dan micellar water nya garnier.

Laneige Fresh Brightening Cleansing Oil ini Pembersih berbahan minyak aprikot yang ringan dan menyegarkan, efektif untuk melepaskan sel-sel kulit yang sudah tua dan memberikan efek cerah pada kulit. Biasanya mama pakai waktu pagi habis bangun tidur sebelum mandi.


Garnier Micellar Cleansing Water ini pembersih wajah yang berfungsi sebagai cleanser & tone, mengangkat kotoran / make up di wajah bagaikan magnet , trus Hypoallergenic cocok untuk kulit sensitif. Mama biasa pakai sore hari pulang kerja sebelum mandi. Bener banget kotoran di wajah keangkat di kapas. Jadi berasa kulit wajah bersih lagi.




2.FACE WASH

Setelah tahap cleanser, berlanjut ke pembersihan selanjutnya istilah lainnya double cleansing. Ini penting banget buat mama yang berkendara motor  dan menggunakan make up saat bekerja. Kalau terlupa bisa-bisa timbul jerawat. Mommies bisa memilih menggunakan facial wash atau facial foam. Beberapa merk bahkan ada yang bubbleless. Namun tidak semua orang menyukai facial wash seperti itu. Jika setelah face wash wajah terasa tertarik, face wash ini yang perlu dihindari karena berarti mengandung bahan-bahan keras yang mengambil kelembaban wajah. 

Untuk facial wash/foam mama termasuk yang nyoba banyak merk, seperti ponds, emina, wardah, cosrx, dan cetaphil. Tiap merk punya rasa yang beda setelah diaplikasikan ke wajah. Untuk cosrx dan cetaphil kemarin beli share in jar. Hayo tebak mana yang mau dibeli fullsize nya?

Pond's Acne Solution Facial Foam yang mama gunakan sejak jaman kuliah. Alhamdulillah cucok banget buat wajah jerawatan, tapi memang memberikan kesan wajah ketarik gitu.
Cosrx ph low good morning gel cleanser merupakan facial wash korea pertama yang mama coba. Suka banget sama teksturnya. Setelah digunakan membuat wajah terasa lembab. Jadi cleanser ini ber-pH seperti pH kulit wajah,  mengandung tea tree oil, membersihkan dan merawat pori-pori dan melembabkan kulit. Bisa digunakan semua jenis kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif. Bulan depan pengen banget beli full size nya deh. Harganya pun termasuk terjangkau.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser memiliki kandungan yang tidak menyebabkan juga lho moms. Sepertinya saya akan stock share in jar nya lagi nih. Karena reviewnya si cetaphil ini ampuh banget untuk wajah saat berjerawat.




3. EXFOLIATE

Setelah double cleansing, mommies bisa melakukan exfoliate. Langkah untuk mengangkat sel kulit mati yang ada di permukaan wajah. Terdapat 2 cara exfoliate yaitu physical exfoliant dan chemical exfoliant.

Physical Exfoliant membuang sel kulit mati pada permukaan wajah kita dengan menggosokkan scrub pada wajah. Biasanya dilakukan seminggu 2 kali, menggosoknya pun ppelan-pelan ya moms agar wajah tidak iritasi. Mama sudah coba peelingnya mustika ratu yang dicairkan dengan air mawar dan scrub dari st.Ives. Pernah saat memakai St.Ives terlalu keras menggosoknya, alhasil wajah malah iritasi. Tapi sekarang sudah tahu caranya, so aman deh. Setelah pake scrub kulit lebih terlihat bersih dan cerah. Kemarin masih coba share in jarnya. itupun masih banyak banget setelah 2 bulan pembelian.

Chemical Exfoliant bersifat enzim yang berfungsi mempercepat regenerasi sel kulit kita, sehingga kulit wajah lebih sehat. Biasanya mengandung AHA, BHA, dan PHA. 
Ada banyak jenisnya seperti toner, pad, maupun lotion. Jangan lupa perhatikan area sensitif seperti mata. Jangan sampai terkena ya. Untuk chemical exfoliant ini mama menggunakan 
Neogen Dermalogy Bio Peel Gauze Peeling Lemon. Beneran ini produk ciamik banget, tiap bangun tidur wajah jadi glowing gitu. Tapi memang peeling ini dipakai seminggu sekali. Bentuknya pun pad, seperti kapas gitu. 




4. TONER

Setelah mengangkat kulit mati di wajah, wajah dilembabkan kembali dengan Toner. Karena sifatnya sebagai hydrating toner maka penting banget mengaplikasikan toner. Bisa menggunakan kapas, diletakkan ke tangan lalu di tepuk-tepuk, ataupun di semprotkan ke wajah. 

Untuk toner mama nyoba COSRX Centella Water Alcohol-Free dan Benton Snail Bee High Content Skin. Keduanya mama coba dengan membeli share in jar nya. Nantinya mau coba merk lain sih, kayak son park beauty water. 

Untuk centella water dan content skin sama-sama melembabkan wajah. Centella sendiri digadang-gadang cocok untuk kulit berjerawat. Untuk snail bee banyak sekali manfaatnya.




5. ESSENCE

Essence adalah satu langkah untuk melembabkan dan menutrisi kulit wajah hingga lapisan terdalam. Teksturnya sendiri lebih cair dari serum dan lebih kental dari toner. Essence ini sangat membantu proses melembabkan kulit daripada serum.

Untuk essence mama beli fullsizenya  Benton Snail Bee High Content Essence. Essence ini mengandung snai mucus dan bee veno, jadi menyeimbangkan kadar kelembaban serta minyak di wajah. Selain itu bisa mencerahkan dan mengurangi peradangan karena jerawat. Sebelum beli fullsize mama beli share in jarnya. Cucok diwajah karena bisa memperbaiki tekstur wajah juga.




6. SERUM

Dengan kerjasama dari serum dan essence akan membuat wajah kita jauh lebih terawat moms. Serum sendiri memiliki konsentrasi kandungan kandungan aktif yang lebih tinggi. Teksturnya lebih kental dari essence. 

Untuk serum ini mama menggunakan vitamin C dari The Ordinary Vitamin C Suspension 23% + HA Spheres . Beli jar sih dari teman, karena biasanya wajah mama sensitif banget kalau ada vitamin C nya. Tapi si ordinary ini aman banget dipake di wajah mama. Gak ada jerawat yang keluar lho, malah mencerahkan banget. Sukaaaa..... kapan-kapan beli full size nya lah. Teksturnya lengket si ordinary ini, jadinya setelah penggunaannya gak ditambahin skincare lain.




7. SHEET MASK

Masker tishu yang pemakaiannya hanya menempelkan sheet dikemasannya. Tunggu hingga 10-15 menit, jangan lupa mengoleskan sisa essence yang ada di kemasan sheet mask. Mommies bisa oleskan ke leher atau siku lho, qiqiqiiqiq. Sheet mask ini bisa dijadikan pengganti essence. Cukup melepas sheet mask lalu biarkan menyerap ke dalam kulit.

Mama suka nyari diskonan nih kalau beli sheet mask. Apa aja mulai etude, Innisfree, Watson, dll. Biasanya nyari yang diskon gitu. Pakai masker mala mini, pagi harinya wajah terasa lebih lembut.




8. EYE CREAM

Si area sensitive yang mesti kita jaga. Dengan penggunaan eye cream akan membantu menghilangkan kerutan dan menghilangkan kantung mata. Bisa digunakan sebelum tidur. Saya kali ini menggunakan Laneige Eye Sleeping Mask yang sample. Udah berbuan-bulan masih ada nih. Sebelum tidur wajib deh dipake.



9. MOISTURIZER

Biasa disebut dengan cream yang digunakan pagi hari (daily cream) atau malam hari (night cream). Serangkaian skincare tahap akhir jika di malam hari. Cream pun macam-macam teksturnya. Mama sendiri menggunakan Benton Snail Bee. Rutinnya penggunaan mousterizer akan lebih menyehatkan kulit kita nih. Kebetulan mama emang mau nyoba 1 seriesnya benton. Mau lihat efek dari snail mucus sama bee

10. SUNSCREEN 

Percuma banget kalau kamu pake semua tahap skincare di atas tapi kelupaan pake sunscream. Berfungsi untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari. Sebelum keluar rumah, cusss aplikasikan sunscream. Bahkan walau mommies hanya di rumah perlu lho. 



Mama suda pernah menggunakan berbagai merk sunscreen, seperti wardah, emina, oriflame, dan sekarang sedang menunggu kedatangan skin aqua. Dari merk-merk di atas yang pernah digunakan, mama paling suka tekstur dari spf nya emina. Gak lengket di wajah dan cepat menyerap daripada merk lainnya. Kalau skin qua jangan ditanya ya, soalnya belum dicoba bagaimana telsturnya. Next mama mau nyoba innisfree nih, menanti yang skin aqua habis deh.


Panjang ya langkahnya qiqiiqiq tapi kalau sudah terbiasa sih malah jadi kebutuhan banget. Akan terasa bedanya kalau mommies bangun tidur dan melihat efek dari skincare ini. Setiap orang punya kuit yang berbeda-beda tingkat kesensitifannya. Kalau tips dari mama cari review dari vlogger, blogger, ahli kecantikan yang punya masalah kulit sama mommies. Jika ingin melihat efeknya bisa beli share in jar dulu, jadi kalau gak cocok gak bakal nyesek. Kalau sudah cocok bisa lanjut beli fullsize nya. Next mama mau bahas skincare routine pagi sama malam, ditunggu ditulisan selanjutnya.

Salam Glowing!!!


@harnumnisa
9 Agustus 2018

SUmber :
http://beautydaily.id/story/yuk-intip-10-langkah-skin-care-korea-yang-bisa-kamu-coba
https://moeslema.com/4857
https://journal.sociolla.com/beauty/physical-dan-chemical-exfoliant-apa-perbedaannya/

Picture from Canva & Google



20 komentar:

  1. Boleh banget mba tips untuk tampil glowing. Tapi kulit wajahku sangat sensitif. kalau yang aman dipakai kulit sensitif yang mana aja mba?

    BalasHapus
  2. Sebagai muslimah saya lebih memilih produk kosmetik yang berlogo halal. Meskipun saya masih perlu banyak belajar. Namun produk kosmetik yang mudah didapat di pasar modern atau traditional below the line dapat memenuhi kebutuhan konsument. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  3. Dari 10 step ini aku cuma jalanin beberapa saja nih, mau rutin lagi ah biar kulitnya seperti cewek-cewek Korea.

    BalasHapus
  4. Wah banyak juga perawatannya, ya. Saya belum sebanyak itu, sih. Tpai, mulai memperhatikan juga kondisi kulit. Pengennya tetap kelihatan awet muda :D

    BalasHapus
  5. Wkwkkw... Bener nih, suka kelupaan perawatan wajah sebelum tidur krn nenenin bayik. Tp emang godaan skincare buat emak2 itu dahsyat ya. Beli2 aja pengennya.

    BalasHapus
  6. Saya pernah denger tentang cethapil ini mom. Itu produk dari mana sih mom?

    BalasHapus
  7. Kadang sih daku pakai sunscreen, tapi banyak an enggaknya, karena lebih sering menggunakan bedak yang ada SPF nya

    BalasHapus
  8. wuahh iya ya korea itu skin carwnya banyak banget. aku biasanya cuma pake pelembab doang. itupun jarang 😅

    BalasHapus
  9. Yaah aku belakangan kenapa malas pakai susu pembersih nih :(. Padahal kan beneran bisa bikin kulit jadi lebih bersih ya

    BalasHapus
  10. Ternyata panjang yaa tahapannya. Aku mah cuma bersihin muka pake makeup cleanser lanjut facial wash dan pelembab. Sekarang lagi tergila2 pakai sheetmask, apalagi kalau sebelum dipakai dimasukkan ke kulkas dulu, adeem banget di wajah. Baru tau essencenya bisa dipake di siku dll, selama ini kubuang aja, thanks infonya

    BalasHapus
  11. Produk korea emang katanya oke2 ya buat kecantikan kukit perempuan Asia. Dr semua yg mbak sebut itu, yg pernah kupakai cumai garnier water micellar hehe. Yg lain2 blm
    Tapi bbrp produk aku pakai merk lain sih😁

    BalasHapus
  12. Lengkap ni ya Mbak referensinya. Cuma kalau saya sejak punya anak malah jareng banget perawatan wajah sendiri di rumah. Huhuhu...

    BalasHapus
  13. Panjang juga tahapannya ya, dari semua tahapan di atas saya cuma lakuin beberapa aja. Pas baca ini jadi tertarik sama beberapa produk yang disebut di atas, makasih mbak untuk referensinya.

    BalasHapus
  14. Aku baru sampai tahap micellar water, face wash and toner. Sisanya agak malas mencoba.Tapi sekarang butuh eye cream nih, mata udah kayak mata panda.

    BalasHapus
  15. Sebelum hamil aku rajin bersihin muka, tapi pas hamil belum berani rawat nih. Paska hamil wajib ya biar ga kusam

    BalasHapus
  16. Aku juga mengikuti 10 step korean skincare ini. Yang kurang cuman essence nya saja . Masih bimbang pilih yang mana.

    BalasHapus
  17. 10 langkah? Pantesan, muka artis-artis Korea itu cling beneeeer. Lah kita, satu langkah aja, kadang sempet, kadang gak..😁

    BalasHapus
  18. Wuihh lengkap mbak. Klo saya paling cuma bersihin muka aja seblm tidur itupun cuma pake pembersih biasa..hehehe.

    BalasHapus
  19. Aku udah mraktekin mba. Yaaa meskipun gak sampe 10 tahap juga sik. Sheet mask, dan eye cream termasuk yang belum pernah aku coba.

    BalasHapus
  20. Wow banyaj yaa nba. Hehe jujur aja aku baru belajar soal skincare2 ini XD btw ternyata baru tsu sunscare itu penting ya no matter where we stay,

    BalasHapus

Hai.... Terima kasih sudah membaca tulisan saya