Selasa, 28 Agustus 2018

Mendongeng, Banyak Makna dari Bercerita (Tantangan Level 10)

Materi ke-10 Kelas Bunda Sayang kali ini adalah mengenai mendongeng. Ah, ini biasa sih kalau lagi baca buku cerita, yang dibaca bukan ceritanya tapi dongeng sendiri kwkwkwkwkw. Tapi tantangan level 10 ini bikin mumet lho ahhahahah kami diminta membuat dongeng. Lalu mencatat respon anak setiap kita berdongeng. Wah, tantangan beneran nih! Kudu mikir apa saja yang ingin dibahas. Sebelum membuat dongeng mama mau bikim outline dan apa saja cerita yang ingin di bahas. Biar gak kesulitan bahasnya nih hehehhee jadi mama udah siapin bahannya saat dikantor. Lalu mulai berdongeng di rumah.

Apa saja sih yang ingin mama angkat untuk diceritakan ke anak-anak?

1. Piknik bersama 
2. Aku disiplin waktu
3. Aku anak jujur
4. Aku berani tidur sendiri
5. Aku rajin sholat
6. Memasak bersama Ayah
7. Rajin berolahraga
8. Aku tidak ngompol lagi
9. Aku sayang kakak
10. Cita-citaku

Dari beberapa list di atas, saya akan mencari info-info gambar yang sesuai atau menggunakan buku cerita yang pernah ada. Seperti untuk piknik bersama, saya mencari di google yang sesui dengan tema. Dari gambar lalu akan membuat cerita yang siap diceritakan ke anak-anak nanti malam.

Ada banyak manfaat dari mendongeng, yaitu : 

1. Meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak
2. Mengajarkan anak akhlak dan adab melalui cerita
3. Emosi anak semakin berkembang
4. Ketrampilan bicara anak semakin meningkat
5. Mengenalkan nilai-nilai moral untuk ank-anak


Yuk, semangat mendongeng!


SUmber :

https://www.ayahbunda.co.id/balita-psikologi/12-manfaat-dongeng


0 comments:

Posting Komentar

Hai.... Terima kasih sudah membaca tulisan saya