Jumat, 16 Maret 2018

Menemukan Bakat dan Peran Diri!

Waktu lihat info mengenai Project Ruang Berkarya Ibu ke-2, saya sangat tertarik. Ish, semacam excited menantang diri sendiri. Project 2 ini mengangkat tema "Kenali Potensimu, Ciptakan Ruang Berkaryamu". Project ini mulai 5 Maret hingga 30 Juni 2018. Wow,,, 3 bulan ya boook! Semangat konfirmasi potensi diri sendiri, yeaay!!!

Materi pertama dari Project 2 RBI ini adalah Talents Mapping bersama Abah Rama, yang merupakan Creator Talents Mapping. Kulwapnya dibuat untuk umum tidak hanya untuk peserta RBI 2. Dijelaskan selama 1 jam apa itu bakat dan bukan. Sudah terbayang, Alhamdulillah saya sudah merasa saya punya "Bakat". Kulwapnya bisa dilihat di link berikut : disini.

Untuk materi pertama ini, kami diminta untuk mengidentifikasi 7 bakat dominan yang bisa dilihat di Pandu 45 dan mengidentifikasi 6 peran dominan dari ST30. Sebelumnya kami memang diminta untuk mengisi di web Temu Bakat. Tahun lalu saya sudah pernah punya hasilnya, lalu tahun ini saya isi kembali dan mengejutkan memang hasilnya berubah. Saya, merasa karena banyaknya ilmu yang sidah saya terima selama setahun ini, membuat bakat lainnya muncul. Di RBI 2 ini kami menilai bakat dengan cara organik, yaitu mengkonfirmasi dengan diri sendiri. Apakah memang merasa bakat atau peran itu saya rasakan. Yuk, mulai mengkonfirmasi!

💗 7 Bakat Dominan

Membuka kembali Pandu 45 yang saya dapatkan, lalu mencari apa saja sih 34 bakat yang ada. Lalu, saya ambil 7 bakat yang dominan dalam diri saya, yaitu :

1. ANALYTICAL
artinya hanya akan percaya dan suka apabila ada data dan angka yang diberikan. Ini karena saya memang anak statistika, yang terbiasa dengan data dan mengolahnya. Jadi, harus ada data yang saya cari atau punyai dulu, baru membuktikan apakah "hal" tersebut benar atau tidak.

2. DISCIPLINE
artinya memliki pola pikir runtut dan teratur. Sejak saya kecil mama selalu membiasakan disiplin. Begitupun saya saat membersamai anak-anak, mengajarkan kedisiplinan yang amat penting. Apalagi saya ibu yang bekerja di ranah publik, disiplin waktu itu harus. Jadi, memang membutuhkan kerjasama dengan anak-anak dan keluarga lainnya.

3. EMPHATY
artinya bisa merasakan perasaan orang lain baik sedih maupun senang. Ini saya suka heran, kadang suka baper sendiri kalau ada orang yang sedih. Berusaha merasakan apa yang mereka rasakan. Karena, saat saya berada di titik nol kesedihan saya pun butuh empathy dari orang lain. 

4. FUTURISTIC
artinya suka membayangkan sesuatu yang mungkin terjadi di masa akan datang. Saya baru tahu kalau ini bakat lho. Saya pikir hanya karena saya yang suka membayangkan saja. Tapi memang saya selalu berpikir ke depannya akan seperti apa. Jadi, dalam melangkah juga harus lebih berhati-hati.
 
5. INCLUDER
artinya senang berkumpul,guyub. Terlihat dengan aktifnya saya di beberapa komunitas/organisasi. Suka ketemu atau ngumpul dengan mereka tau teman-teman lainnya. Semacam me time untuk saya qiqiiqiq refreshing lah!

6. RELATOR
artinya senang bersahabat,senang silaturahim, menghubungkan antar orang. Berhubungan dengan bakat di atas yaitu includer. Dari lingkup tersebut sering ikut serta dalam panitia acara yang menghubungkan antar orang.

7. DELIBERATIVE
artinya sangat teliti,waspada,hatihati,melihat sebelum melompat. Berhubungan juga dengan futuristic. Setelah membayangkan tentu harus teliti dan hati-hati dalam mengambil keputusan.



💗 6 Peran Dominan

1. AMB - AMBASSADOR
artinya bakat yang terkait kerjasama dengan orang lain, lalu sifat mereka senang bersahabat, senang melayani, dan bertanggung jawab. Dengan beberapa komunitas yang saya ikuti, muncul bakat ini. Setahun lalu saat kelas matrikulasi, bakat ini belum muncul. 

2. ANA - ANALYST
artinya berhubungan dengan hitung menghitung dan analisis data, serta suka dengan angka dan data. Sesuai lah dengan jiwa saya statistican qiqiqiiqiq.

3. CAR - CARETAKER
artinya bakat yang merasakan orang lain baik senang maupun sedih, serta terkait dengan melayani orang lain. Sebagai konselor laktasi, bakat inilah yang terpakai saat saya berhubungan dengan klien.

4. COM - COMMUNICATOR
artinya senang mengkomunikasikan dengan sederhana dan menarik, serta terkait kerjasama dengan orang lain. Ini juga sesuai dengan peran saya sebagai konselor laktasi dan aktivis organisasi.

5. JOU - JOURNALIST
artinya suka mengumpulkan berbagai informasi. Saya senang menulis di blog (blogger) ini sejak 5 tahun yang lalu. Diawali dengan share MPASI, hingga parenting, dll. Menyalurkan apa yang dirasa, di alami, dan dilakukan melalui menulis ini sangat menyenangkan

6. 
 MOT - MOTIVATOR
artinya mendorong atau memberi semangat satau atau kelompok orang untuk sukses. Ini pun berkaitan dengan peran saya sebagai Konselor Laktasi. 

Semakin lebih mengerti tentang Peciptaan Allah, mengapa saya berada di tengah keluarga dan lingkungan saya. Semakin lebih penasaran tugas-tugas RBI lainnya. 


SEMANGAT!!!!


#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateriSatu
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu

0 comments:

Posting Komentar

Hai.... Terima kasih sudah membaca tulisan saya