Kamis, 25 Januari 2018

Ingin Anak Terbiasa Bangun Pagi? Ini Tips nya!

Sumber : pixabay.com


Membiasakan anak untuk tidur tepat waktu ini penting moms. Tentu saja perlu  membiasakannya sejak dini, tanpa menunggu anak memasuki masa sekolah. Membiasakan anak bangun pagi, tentu akan membantu moms membiasakan anak sholat Subuh. Yuk simak tips dibawah ini, membiasakan anak bangun tepat waktu.

Matikan Lampu

Awal pertama kelahirannya, anak belum mengerti siang dan malam. Untuk itu perlu membantunya dengan membedakan kegiatan si kecil. Salah satunya saat tidur malam matikan lampu tidur agar si kecil belajar membedakan waktu. Jika keluarga tidak nyaman, gunakan lampu tidur. Saat tidur dengan keadaan kamar gelap, tubuh akan memproduksi hormon melatonin. Hormon yang membantu kita untuk tidur nyenyak.

Tularkan Kebiasaan

Sudah fitrah anak belajar dengan mencopy apa yang dilakukan orang tua nya. Saat membiasakan tidur tepat waktu dan bangun pagi hari, tentu orang  tua juga harus melakukannya. Ritme orang tua ini akan menjadi kebiasaan si kecil juga lho moms.

Hindari Gadget 

Adanya gadget saat mendekati jam tidur akan membuat si kecil ogah tidur dan memilih bermain. Jika mommy menerapkan 18-21 tentu ini sangat baik. Jika si kecil mulai mengantuk, mereka akan langsung memilih tidur daripada tetap bermain.

Sepakati Waktu Tidur

Untuk anak yang sudah bisa diajak komunikasi 2 arah, buatlah kesepakatan dengan si kecil. Menerapkan jadwal harian ini bs menjadi family project mommy dan si kecil. Selain si kecil mengetahui kapan dia harus tidur dan bangun, dia juga akan terbiasa mengikuti jadwal hariannya.

♤ Sounding Anak

Sesaat sebelum anak tidur, mommy bisa mensugesti anak setiap hari tentang pentingnya tidur tepat waktu dan bangun pagi. Ceritakan pula kegiatan esok hari agar anak bersemangat dan tidur tanpa paksaan.

Batasi Jam Tidur Siang 

Bukan hanya si kecil, bahkan kita yang dewasa bisa saja kesulitan tidur tepat waktu dikarenakan jam tidur siang yang terlalu lama. Mommy bisa memberi batasan waktu tidur siang si kecil. Tentu saja, saat tidur siang tidak memaksanya untuk bangun. 

Semoga tips nya berguna ya moms! Haal-hal di atas yang saya terapkan ke anak-anak saya. Alhamdulilah, anak-anak mengikuti ritme saya yang bekerja. Mereka tidur sebelum jam 9 dan bangun saat subuh atau selambatnya jam 6 pagi. 

Membiasakan Kebiasaan Anak Dimulai Dari Diri Sendiri

Nisa Harnum
25 Januari 2018
Untuk Artikel Harian Ibu Profesional Tangsel


13 komentar:

  1. Setuju, harua dimulai dr diri sendiri dulu, supaya anak melihat dab mengikuti yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak... karena anak suka mengikuti ritme ortunya. Terima kasih sudah mampir 😘

      Hapus
  2. za dari biasa udah aku bangunin pagi mulu mba...tipsnya bagus 😍

    BalasHapus
  3. Wahhh artukel yg dicari2 nih.. susah bangett merubah pola tidur anak yg salah.. terima kasih mom..

    BalasHapus
  4. Thanks mom sharingnya. Pas bgt ini anak sy senang tidur malam 😂

    BalasHapus
  5. Kalo anakku kalo hari sekolah susah banget bangun pagi, tapi kalo pas hari libur, dengan sendirinya bangun pagi

    BalasHapus
  6. Masalah yang sering dialami saya, kalo bangunin anak pagi2 susah harus adu otot dulu, duhhh, tipsnya bermanfaat nih mba

    BalasHapus
  7. Yg paling susah kalo Emaknya gak tega bangunin si anak pagi-pagi, aplg kl diliat tidur anaknya nyenyaaaak banget.Nice posting, hrs tega kl utk membentuk kebiasaan yg baik, kan.

    BalasHapus
  8. Wah sharingnya manfaat banget nih mbak makasih ya

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Hai.... Terima kasih sudah membaca tulisan saya