Sabtu, 06 Januari 2018

HIDUP SEHAT ala Nisa


Kemarin entah ke beberapa kali nya saya sesak nafas
Setelah ditelusuri saya terlalu banyak minum teh
1 gelas besar teh manis, 1 gelas kecil teh tawar, dan 1 gelas es teh tarik
Setelah teh tarik habis jantung sy berdebar, nafas mulai berat
Bayangan saya takut dengan penyakit lainnya karena hasil tes darah saya agak tidak bagus
Saat malam tahun barupun demikin saya sesak nafas

Akhirnya pulang kerja saya ke dokter dekat rumah. Saya ceritakan keluhan saya termasuk riwayat hasil tes darah dan pengobatan saat saya hamil Arlo. Saya pun di periksa. Tensi 130/80 hmmmm cukup tinggi. Tapi kata dokter normal. Lalu perut saya diperiksa.
Diagnosis dokter, saya sesak nafas karena asam lambung naik. Ini diakibatkan konsumsi kafein terlalu banyak, makanan pedas, santan, porsi makan terlalu banyak, atau terlalu sedikit. Nah lho..... Susah hidup tanpa pedas 
Kalau masalah kolesterol karena saya menyusui tentu harus mengatur pola hidup sehat. Minum jeruk nipis atau lemon, namun memang dikhawatirkan berpengaruh ke asam lambung. Makan makanan sehat dam menghindari makanan kolesterol jahat.
Baiklah ini sesuai dengan resolusi saya 2018, Hidup Sehat! Untuk itu sqya memiliki beberapa agenda demi menjadi pribadi lebih sehat. Setelah dipikirkan berikut agenda saya :
1. Mengurangi konsumsi kafein (maks 1 cangkir per hari)
2. Mengurangi konsumsi makanan pedas atau mengurangi level kepedasan makanan. Yang tadinya 3kali makan plus cemilan pedas semua, sekarang maks 2 kali makan pedas dengan tingkat pedas rendah
3. Tidak makan makanan santan. Tapi sesekali nasi uduk/ nasi kuning bolehlah  nawar
4. No more cemilan gorengan huhuhu ini berat jendral. But must!
5. Konsumsi lemon tiap hari, tapi harus dikondisikan dengan asam lambung
6. Minum minyak zaitun sehari sekali 1 sdt
7. Ganti minyak goreng dengan olive oil. Sebenarnya sudah sejak mpasi key (5tahun) saya menumis dengan olive oil. Tp bbrp bulan ini menumis2 dengan minyak biasa. Ulala ini menambah angka trigleserid deh. Come back lah ya si olive oil di rumah.
8. Gabung komunitas hidup sehat. Yup sudah dari tahun lalu teman2 saya banyak sharing tentang grup yaitu Bugar Bareng Ian. Saya ikut join donk. Tapi baru sekarang baca isi grupnya 藍. Alasan punya baby ini yang membuat saya malas hingga kolesterol naik. Kenapa saya gabung grup ini? Karena hanya disini yang Saya Banget! Kami masih diperbolehkan makan Karbo, yeaaaayy! Kami boleh makan 3 kali sehari, yeaaaayyyy! Buat emak busui bekerja dengan 2 orang anak dan aktivitas segudang (sok sibuk wkkwkwkwk)  karbo itu penting banget. Saya hanya mengatur porsi makan saja. Bisa lah bisa.
9. Olahraga setiap hari yuk! Nah di grup ini saya ditarget berdasarkan BMI. Lalu ada langkah-langkahnya. Ada tutorial olahraganya. Untuk BMI 24.9 dan pemula olahraga awalnya 90menit perminggu. Ini atuh bentar bisa mah harusnya. Semoga istiqomah lah ya hehhehhehe

Dengan beberapa agenda yang ada, semoga saya istiqomah dan konsisten menjalani Pola Hidup Sehat. Bukan target menurunkan badan (BMI saya normal), tapi kolesterol turun, trigleserid turun, badan lebih sehat dan bugar, dan yang penting lingkar perut mengecil.
Semangat Nisa! 

Tubuh yang sehat, investasi kehidupan yang bahagia


Nisa Harnum 
6 Januari 2018

#lembaranbaru
#hidupsehatNisa
#kejarmenulisIIPTangsel

5 komentar:

Hai.... Terima kasih sudah membaca tulisan saya