Rabu, 14 Februari 2018

Berkomunikasi dengan Pasangan


sumber : pixabay

Banyak pasangan yang mempunyai masalah dalam berkomunikasi. Saling menyalahkan, saling ngotot satu sama lain, bahkan terkadang menjadi bertengkar. Pernah tidak mengalaminya? Hal ini yang membuat kita enggan untuk saling bercerita dan menyimpannya sendiri. Karena merasa pasangan kita bukan teman bercerita yang asyik.
Dari hasil seminar "A" Home Team kemarin Minggu, 11 Februari 2018 oleh Pak Dodik dan Bu Septi, berikut adalah tips berkomunikasi dengan pasangan :
❤ Membangun Ketertarikan
Saat tidak adanya ketertarikan antar pasangan, makan akan sulit bagi suami dan istri untuk mengobrol. Maka mulailah membangun ketertarikan bersama hingga akhirnya memulai untuk berbicara. Bagaimana membangunnya? Dengan menggunakan MANTRA IBU PROFESIONAL , yaitu perbanyaklah main bareng, lalu bersama-sama melakukan aktivitas bareng, sehingga kita akan sering ngobrol bareng.
💗 Berbagilah Kebahagiaan
Biasanya apa sih yang sering kita ceritakan ke pasangang? Ya, mengeluh dan mengeluh. Kita terlalu sering berbagi beban dengan pasangan. Ini, yang membuat pasangan menjadi bosan mendengarkannya dan berbalas dengan saling berbagi bebannya. Seperti yang disampaikan Pak Dodik, " Jangan Selalu Berbagi Beban Tapi Berbagilah Kebahagiaan. "
💛 Gunakan Komunikasi Produktif
Masih ingat kaidah komunikasi produktif? Gunakan kaidah 7-38-55 yaitu 7% suara, 38% intonasi, dan 55% bahasa tubuh. Ekspresi saat berbicara mempengaruhi respon yang diberikan pada pasangan. Gunakan ekspresi yang berbeda untuk menunjukkan apresiasi yang berbeda.
💙 Mengatasi Perbedaan Prinsip
Dengan membangun komunikasi, membuat kesepakatan dengan pasangan mengenai apa-apa yang berbeda. Dilakukan berdua, tanpa anak harus melihatnya.
Dengan adanya komunikasi yang baik dengan pasangan, tentu suami istri akan membangun tim yang lebih solid. Siap mencobanya?

Sumber : resume Seminar "A" Home Team

0 comments:

Posting Komentar

Hai.... Terima kasih sudah membaca tulisan saya